Monday, February 17, 2014

Foto : Masyarakat Gampong Rigaih, Kec. Setia Bakti Kab. Aceh Jaya Shalat Istisqa Di Lapangan PORRIG

CALANG - Ribuan masyarakat yang tersebar dalam sembilan kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya, Jumat kemarin melaksanakan shalat istisqa’ (minta hujan) setelah daerah itu didera kemarau panjang yang memunculkan berbagai persoalan.

Prosesi shalat istisqa’ di Aceh Jaya berlangsung secara serentak di berbagai titik Di Aceh Jaya.

Pelaksanaan shalat istisqa’ rata-rata dimulai pukul 08.40 WIB. Masyarakat berbondong-bondong ke lapangan terbuka di bawah terik matahari melaksanakan shalat minta hujan tersebut secara berjamaah.

Di Kecamatan Jaya (Lamno), shalat istiqa’ dipusatkan di lapangan TNI yang diikuti berbagai elemen masyarakat, santri dayah dan pelajar. Prosesi serupa juga berlangsung di kecamatan lainnya seperti Setia Bakti, Panga, dan Pasie Raya.
Camat Jaya, Sabirin SE mengatakan, shalat istisqa’ dilaksanakan atas instruksi bupati menghadapi bencana kemarau yang terjadi sejak dua bulan terakhir. “Kita sedang menghadapi persoalan gagal panen yang sangat memukul masyarakat,” kata Sabirin.

Camat Setia Bakti, Ibnu Abbas melaporkan, masyarakatnya juga melaksanakan shalat istisqa’ yang berlangsung di lima titik, yaitu di Dayah Darul Abbrar, Desa Gampong Baro Sayeung, Lhok Timon, Lhok Geulumpang, Paya Laot, dan Sapek. “Kami menghadapi masalah serius akibat kemarau panjang. Usaha pertanian masyarakat seperti padi, jagung, kacang dan lainnya gagal panen,” kata Ibnu Abbas.

0 comments:

Post a Comment