Monday, December 30, 2013

JTenggarong--Seorang tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas IIB Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur bernama Yudi Juliefendi, 27 tahun melarikan diri. Warga Jalan Udang, Kelurahan Timbau, Tenggarong melarikan diri Senin 30 Desember 2013 siang sekitar pukul 12.47 Wita.

Pelaksana harian Kepala Lapas klas IIB Tenggarong Pratiwi Widyahningsih mengatakan Yudi kabur usai salat dzuhur berjamaah di Musala Lapas. Menurut keterangan beberapa saksi mata usai salat Yudi bergegas mengganti pakaian tahanan dengan kaos berwarna hitam. Kemudian, Yudi langsung melarikan diri dengan melompat tembok 5 meter di belakang Musala.

Semua tingkah laku kaburnya Yudi terekam dalam CCTV. "Ada Mas rekamannya. Tapi nanti lihatnya bersamaan dengan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kaltim," ucap Tiwi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 30 Desember 2013.

Tiwi mengatakan tembok yang dilompati oleh Yudi itu bersebelahan dengan Blok A. Ibarat "Spiderman", Yudi merayap dan berhasil melintasi tembok itu tanpa mengalami cidera sedikitpun. Setelah itu, Yudi langsung berlari melintasi Pos jaga 2 dan 3.

"Nah, ketika di Pos 3, petugas ada yang melihatnya kabur. Kemudian petugas itu langsung memukul lonceng dengan tangannya karena nggak membawa pemukul. Mendengar adanya suara lonceng, petugas langsung mengejar tahanan itu hingga ke atas gunung dibelakang Lapas. Tapi nggak berhasil," kata Tiwi.

Tiwi mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan Polres Kutai Kartanegara untuk melakukan pencarian. Sejumlah petugas Lapas juga dikerahkan ikut mencari. Ia menambahkan, kejadian seperti ini sudah lama tak terjadi, sekitar 5 tahun silam, dan kali ini terulang lagi. "Tahanan ini merupakan titipan dari Kejaksaan Negeri Tenggarong. Dia dititipkan di sini sejak 12 November 2013 lalu di Blok B1."

0 comments:

Post a Comment