Tuesday, June 10, 2014

JAKARTA-- Prilaku kedua Calon Presiden (Capres) begitu berbeda saat di debat Capres-cawapres di balai Sarbini kemarin.
Jokowi tampak galau hingga contekan untuk debat tampak terselip di belakang jas selama lebih dari 15 menit. Sedangkan, Prabowo tampak emosional begitu ditanya terkait HAM.
Debat dimulai sekitar pukul 20.00. Tampak Prabowo-Hatta masuk ke panggung. Sejurus kemudian, Jokowi tampak masuk panggung sendirian. Pasangan Jokowi, Jusuf Kalla belum tampak mendampingi.
Tidak berapa lama, JK-panggilan Jusuf Kalla- mulai menyusul untuk berjabat tangan dengan Prabowo-Hatta. "JK terlambat," ujar Wahyudin salah satu penonton.
Saat debat dimulai, mimik muka Jokowi tampak berubah. Dia sering kali melihat contekannya yang berada di saku belakang jas hitamnya. Sampai-sampai, contekan itu terselip tidak sempurna. Sebagian kertas contekan terlihat menyembul di antara jas dan kemeja putih yang dikenakan.
Contekan itu menyembul hampir 15 menit. Baru dipertengahan debat, JK melihat hal tersebut dan mengingatkan Jokowi untuk memasukkan conterkan tersebut. Lantas, Jokowi menyembvunyikan kembali contekan itu.
Kegalauan Jokowi tidak berhenti di situ. Seringkali saat ditanya soal sejumlah materi, Jokowi kerap menghentikan kalimat secara tiba-tiba. Uniknya, Jokowi sering melemparkan pada JK untuk menjawab. Hal itulah yang membuat penonton kerap tertawa, kegalauan Jokowi kian kelihatan.
Prabowo tampak lebih siap untuk menghadapi debat tersebut. Pada awal debat, mantan danjen Kopassus itu sempat memberikan hormat ke arah pengunjung.
Saat lagu Indonesia Raya didendangkan, dia juga tampak begitu tegap. Tapi, saat sesi tanya jawab kondisi itu berubah. Saat itu JK menanyakan soal pelanggaran HAM.
Dalam seketika, muka prabowo tampak memerah. Saat menjawab gestur tubuhnya juga lebih lebar, dia kerap mengepalkan tangan dan menunjuk-nunjuk ke arah Jokowi-JK.
Perubahan sikap Prabowo tambah terlihat, dalam beberapa pertanyaan, dia kerap membenarkan posisi microphone yang sebetulnya tidak bermasalah. Prabowo juga tampak seriong menyentuhg kacamata yang dikenakannya. (Idr/dyn)

0 comments:

Post a Comment