Wednesday, June 11, 2014

Kompetisi kuliner tradisional Aceh atau Aceh Traditional Culinary Competition 2014, hari ini memasuki babak final. Kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus menjaga warisan budaya kuliner Aceh itu, diadakan di Hermes Palace Hotel selama dua hari, Selasa (10/6/2014) hingga Rabu (11/6/2014).

Kompetisi ini terbuka untuk masyarakat umum dengan  20 peserta yang memiliki keahlian di bidang memasak (chef). Hari ini, Rabu (11/6/2014) ke-20 peserta tampil kembali menunjukkan keahliannya memasak menu pilihannya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Pahlevi kepada Serambinews, mengatakan, kompetisi kuliner ini sangat didukung sebagai bentuk dukungan Pemerintah Aceh khususnya Disbudpar Aceh untuk mempromosikan masakan tradisional Aceh di mata dunia.

"Kita mengharapkan, kuliner tradisional Aceh tidak hanya di kenal oleh masyarakat Aceh tapi juga dikenal di mata dunia. Sepertinya halnya sekarang ini kita mengenal makanan-makanan negara lain, maka ke depan negara-negara lain juga mengenal kuliner khas Aceh," ujar Reza.

General Manager Hermes Palace Hotel, Octowandi, menjelaskan, kompetisi ini bertujuan untuk memelihara kreativitas juru masak kuliner Aceh, serta meningkatkan standar keunggulan kuliner Aceh dan profesionalisme juru masak. Selain itu juga untuk memberikan apresiasi terhadap sebuah karya keterampilan individu, teknik dan gaya bagi juru masak kuliner Aceh.

"Namun yang terpenting adalah untuk memperkenalkan warisan budaya kuliner Aceh sebagai komoditas hidangan yang bersifat nasional dan internasional dan nantinya bisa memenuhi Standard Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)," ujarnya.

Untuk penilaian, disebutkan, dinilai oleh tiga orang dewan juri. Dua juri dari Aceh, yaitu Azizah dan Suryati, sementara satu juri lagi merupakan juri nasional dari Association Chef Professional (ACP) Indonesia, Bambang Murtianto. "Saya akan membawa dan memperkenalkan masakan tradisional Aceh ini di even-even nasional. Para pemenang kompetisi ini juga kita upayakan untuk bisa mengikuti kompetisi-kompetisi memasak berskala nasional ke depannya," tandas Bambang.

0 comments:

Post a Comment